Senin, 29 September 2008

Jaheul (Jaman Baheula)

Hari ini Saiiah posting sambil ditemenin lagunya The Beatles, Long and Winding Road, yang dinyanyiin ulang ama David Archuleta (ketauan deh, Saiiah ngefans berat sama Archuleta, haha). Sebenernya Saiiah ngedengerin lagu ini karena gak ada lagu lain yang lebih pas yang bisa bring my old memories back (ngeles ajah). Yap, Saiiah mau menceritakan pada pembaca tentang memori masa lalu Saiiah waktu SD, karena tadi Saiiah seangkot ama penjaga sekolah SD Saiiah waktu SD, yang sekarang ternyata udah jadi mantan penjaga sekolah SD Saiiah.

Pulang sekolah, Saiiah naek angkot. Di tengah jalan, ada bapak-bapak yang bawa bungkusan, kayaknya berat banget. Si Bapak mau duduk kerepotan ama karungnya, Saiiah pegangin bungkusannya dan ternyata aslian berat. Si Bapak yang udah duduk senyum ke Saiiah dan ada ekspresi, "Oh!" di mukanya. Saiiah pun ngikutin ber-"Oh!". Si Bapak adalah penjaga sekolah SD Saiiah, Mang Rus, tepatnya sekarang adalah mantan penjaga sekolah Saiiah.

Setelah beberapa menit dead air, Mang Rus pun nyapa Saiiah, "Ari Eneng sekarang sekolah dimana?"

Saiiah ngejawab pertanyaan Mang Rus, trus balik nanya, kenapa si Mang Rus naek angkot dari sini. Mang Rus pun nyerita, beliau udah dimutasi (bukan dimutilasi) dari SD Saiiah ke satu sekolah yang namanya SD Harapan. Terus kalo bawaan yang beliau bawa adalah THR dari kepseknya. Beliau juga bilang kalo sekarang rumahnya udah di SD Harapan, dia naek angkot buat ngejemput anak cewek beliau satu-satunya, Mpi, yang masih sekolah di SD Saiiah yang dulu.

Jelas cerita beliau bikin Saiiah penasaran banget, Saiiah pun nanya mulai dari, kalo bungkusan yang berat itu milik Mang Rus dari kepsek SD Harapan kenapa gak ditinggal ajah di rumahnya, di SD Harapan, sampe apa Mang Rus masih jualan es lapis, es melon (uh, Saiiah kangen banget es melon, apalagi pas lagi panas-panas gini, wuah, sensasinya mantap!), ama lidi-lidian, jajanan Saiiah waktu SD.

Mang Rus ngejawab semua pertanyaan Saiiah sambil ketawa. Mang Rus bilang kalo bungkusan ini dia bawa buat disombongin ke Mpi (yang bakal nyombongin lagi ke temen-temennya kalo ayahnya dapet parcel). Mpi gak mau pindah sekolah dari SD Saiiah ke SD Harapan. Jadi haruslah, Mang Rus harus nganter jemput putri semata wayangnya itu. Terus juga Mang Rus nyerita lagi kalo sekarang beliau masih jualan es melon, yang jadi makanan pokok Saiiah waktu SD.

Saiiah juga keingetan kalo dulu kan di SD Saiiah ada 2 penjaga sekolah, si Mang Rus ama Mang Es Teh. Udah jadi rahasia umum, kalo Mang Es Teh suka sirik ama Mang Rus. Mang Es Teh suka ngejahatin Mang Rus, bahkan di depan anak-anak. Saiiah jadi curiga jangan-jangan Mang Rus pindah kerja gara-gara diusir atau karena gak betah ama Mang Es Teh. Saiiah pun ngeberaniin diri buat nanya, kenapa Mang Rus pindah.

Kecurigaan Saiiah gak terbukti. Mang Rus bilang beliau pindah karena emang beliau dimutasi. Oh, kirain Mang Rus pindah karena emang gak betah di sekolah Saiiah yang dulu. Tapi kalopun begitu, alesan Mang Rus wajar. Di SD Saiiah Mang Rus punya banyak kenangan buruk. Dan maaf gak bisa cerita, itu privasi Mang Rus :) .

Setelah pertemuan singkat namun berharga dengan Mang Rus tadi, Saiiah gak pulang ke rumah langsung. Saiiah mampir dulu ke SD. Saiiah kangen masa SD. Di SD gak ada tuh namanya curhat-curhatan bareng temen soal temen yang laen, ato cowok, ato karena di-bully ama geng-gong apalah itu (well, in my past, it happened, bullying, but thank God it's not happen to me). SD tempat Saiiah gak mikir apa-apa, cause I'm just a kid.

I woke up it was 7, I waited 'til 11
Just to figure out that no one would call
I think I’ve got a lot of friends, but I don't hear from them
What's another night all along
When you're spending every day on your own
And here it goes...

I'm just a kid and live is a nightmare!
I'm just a kid and I know that it's not fair!
Nobody cares cause I'm alone and the world is having more fun than me...
Tonight...
(Simple Plan - I'm Just A Kid)
Bisa ajah Saiiah ini nyambung-nyambungin, ya? Padahal kagak ada nyambung-nyambungnya. Kalopun mau disambung-sambungin juga, ya karena lagu diatas bikin Saiiah miris (miriiiiiiiiiiiiip banget dengan kehidupan pribadi Saiiah).

Sampe di SD, Saiiah rada-rada sebel. SD Saiiah bagus banget sekarang, jauh banget bedanya ama SD tempat Saiiah pernah manjat gawang dulu (seriously, that's one of my hobbies, hobi gak elit lainnya adalah ngupil, makan es melon, ama makan kwaci [dan sampai saat ini pun masih], sampe-sampe temen SD Saiiah dulu pernah ngasih kado ultah, kwaci satu kilo. Ya ampun, dia benar-benar mengerti Saiiah).

SD ini udah berubah. Sama dengan diri Saiiah. Menurut temen-temen lama Saiiah, Saiiah udah berubah. Drastis malah. Saiiah mah gak nyadar. Yah, kan perubahan gak dirasain ama yang ngalaminnya. Saiiah gak tau Saiiah berubah dalam hal apa, tapi mudah-mudahan perubahan ke arah yang positif. Amin.

2 komentar:

grandwood I128 mengatakan...

haha jd inget sd
yah emang gtu seh hidup, kasian jg klo qta coba merhatiin orang, tp bikin qta jd lebih dewasa ...

siSAIIAH mengatakan...

rep comment:

clayhuman>> iya ya man? jdi kanegn pas sd mia mah... kangen ama es melon, ngehehehe