Sabtu, 20 September 2008

Orang-Orangan

The green plastic watering can

for a fake Chinese rubberplant

In the fake plastic earth

...

If I could be who you wanted

If I could be who you wanted wll the time

All the time

(Fake Plastic Trees - Radiohead)

Itu lagu tentang orang-orang palsu. Palsunya bahkan kuadrat. Saiiah nulis blog ini bukan berdasarkan sok tau lho, tapi berlandaskan kekeselan Saiiah sama orang-orang palsu. They aren't even real. Well, mereka temen YM Saiiah, ada dua orang.

Yang pertama, dia bener-bener keliatan kayak orang yang YMan cuman buat nyari pacar. Dia maksa-maksa Saiiah pasang foto, buat ngeliat wajah Saiiah katanya (alah, bulls**t, gimana kalo menurut dia Saiiah jelek? Mau gag dia OL ama Saiiah lagi [makanya Saiiah sekarang sengaja gak pasang foto di YM, di mana pun, males ketemu orang kayak dia lagi]?). Dia orang udik. Entah orang mana, yang jelas dia bukan orang kota. Dia selalu tanya-tanya apa yang Saiiah suka. Yah, Saiiah pun jawab. Kemudian waktu YMan lagi dia malah jadi sok tau banget tentang hal-hal yang Saiiah suka. Belagu, seakan dia doang yang tau tentang itu, dan Saiiah cuman jadi follower-nya dia. Padahal keliatan jelas-jelas dalam nyeritain hal yang Saiiah sukain, dia masih amatiran jadi fanatik tentang hal itu. Idih, nyebelin banget dah. Nah di satu malem minggu, dia nanya Saiiah lagi dimana. Yah, Saiiah jawab dengan jujur, lagi ama temen-temen mau nonton, ritual Saiiah tiap minggu. Kemudian, gak tau kenapa dia langsung ngomong hal-hal kayak seseorang mutusin ceweknya (What, the?), terus juga sok-sok nasehatin, pake bilang "Kukira kamu cewek baik" (Well, yeah, I am! You're the one who don't know me!). Temen-temen Saiiah pada ngakak langsung. Mereka bilang, dia nganggep Saiiah 'anak nakal' karena suka keluar malem-malem. Ataukah dia sirik di kampungnya gak ada bioskop? Gak tau, yang Saiiah tau, sebel Saiiah, pernah ketemu ama orang kayak gitu.

Yang kedua orangnya berpikiran negatif mulu (walopun kayak Saiiah, tapi yang ini nyebelin banget, baca dulu blog ini sampe abis). Suatu hari Saiiah pasang stat yang menandakan kalo Saiiah batal puasa. Dia tiba-tiba nge-buzz, padahal dulunya ngajak chat juga cuman pas kenalan doang. Kemudian ketika Saiiah mau jelasin alesan Saiiah batal puasa (baca blog yang di bawah), eh dia malah bilang "Anak-anak muda sekarang sok gaya, batal bersama. Batal puasa gak ngerasa dosa" (So what, ANAK TUA? Kamu gak tau apa yang Saiiah ama temen-temen rasain!). Jelaslah Saiiah ngerasa dosa, siapa yang enggak? Saiiah sih, gak meduliin kata-katanya dia. Kenal ajah nggak? Apa dia lebih baik dari Saiiah jadi bisa ngomong kayak gitu (ini sih, berdasarkan penilaian orang-orang ajah)? Wallahuallam, balik lagi ke kalimat ke tujuh dari paragraf ini, kenal aja nggak?

Selain itu orang itu pikirannya dangkal banget, shallow, cupat, sempit, negative thinking selalu jadi prioritas, bahkan menurut dugaan Saiiah (bukan su'udzon lho ya) dia ini orangnya hobi menggurui. Masa dia juga bilang (di FSnya dia), dunia ini udah ancur (Iya gitu dunia udah ancur? Kalo karena global warming sama karena orang-orang kayak Elu exist mah Saiiah percaya). Orang-orang udah pada gak bener katanya (So, Lu ngerasa jadi yang paling bener diantara orang-orang? Sombong banget sih Lu jadi orang?). Itu yang PALING Saiiah gak suka.

Dua orang itu contoh dari orang-orang palsu kuadrat. Yang satu berusaha jadi orang yang orang lain suka, and lupa kalo dirinya kayak apa. Yang satu lagi merasa dirinya yang terbaik sehingga jadi belagu luar binasa. And on top of all this, untuk ngelengkapin kepalsuan mereka, dua-duanya juga sok menggurui terus gampang banget su'udzon ama orang-orang. Tolong, digaris bawahi ya? menggurui ama mengajari itu beda. Orang-orang yang menggurui, menempatkan diri mereka sebagai guru yang lebih baik dari siapa pun, terus nyombongin betapa 'tau'-nya mereka (dalam kata lain, sok tau). Sedangkan orang yang mengajar menempatkan diri mereka sebagai teman, terus sharing apa yang mereka tau. Huh.

Sori, ya, yang ngerasa kesepet. Saiiah emang gak dewasa, ngomongin Anda kayak gini. Tapi, tidakkah Anda tau, betapa menyebalkannya sifat Anda?

2 komentar:

Gilang Kinasihan mengatakan...

hmm sabar iah saiiah..
namanya juga YM mah aneh2 :P
baidewei ank bandung iah? salam kenal dari saia ^^

salmabudiman mengatakan...

hehehe.

emang sering banget ada yang kek gitu.
langsung ignore aja..
"appear permanently offline"

haha